Oktober 29, 2020

Perlunya Pergub tentang pengangkatan DPR Wilayah Pabar jalur Otsus

kabarmandala.com — Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB), meminta gubenur dapat menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) sebagai peraturan pelaksana dari Perdasus No. 4 Tahun 2019. Pasalnya dalam Perdasus tentang pengangkatan anggota DPR Papua Barat dari jalur Otsus tersebut belum menjelaskan secara konkrit isi dari sejumlah pasal yang terdapat didalamnya.

“Raperdasus ini tidak pernah disosialisasikan kepada masyarakat adat di Kabupaten/Kota. Kemudian, DPR Otsus menekankan, tidak perlu membuat Pergub. Padahal itu sebagai regulasi turunannya,” ujarnya, Selasa (5/11/2019).

Selain itu, dalam Perdasus tersebut tidak terakomodir MRP PB dan Gubernur, sehingga siapa yang akan bertanggungjawab jika terjadi masalah. “Jangan ciptakan celah hukum dalam Perdasus ini, perlu dibuat Pergub agar meminimalisir potensi konflik kedepan,” Jelasnya.

Dia menambahkan, hampir seluruh Pansel di Kabupaten/Kota juga bingung dengan Perdasus tersebut, bahkan mereka mengusulkan melalui kesbangpol agar Gubernur dapat menerbitkan Pergub tersebut. “Kalau tidak ada Pergub, maka bisa menghasilkan tafsiran-tafsiran yang berakibat kesalahan. Kami harapkan Gubernur segera buat Pergub dari Perdasus ini,” tutupnya.