Oktober 21, 2020

Personel satgas pamtas RI – PNG berikan pengobatan gratis ke rumah warga

kabarmandala.com — Kepedulian akan kesehatan masyarakat Papua terus diwujudkan TNI. Kali ini Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG dari Yonif Raider 509/Kostrad yang mengadakan pengobatan dari rumah ke rumah bagi warga Kampung Umuaf, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (31/1/2020).

Kegiatan pengobatan yang dilakukan ini dipimpin oleh Komandan Pos (Danpos) Ubrub, Lettu Inf Abdul Katrup beserta lima orang anggota Satgas dengan mengangkat tema “509 Peduli Kesehatan Masyarakat”. Disela-sela kegiatan pengobatan, Danpos menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat di wilayah perbatasan.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Satgas terhadap masyarakat Kampung Umuaf yang ingin berobat secara gratis,” kata Lettu Inf Abdul Katrup dalam rilis yang dikeluarkan Penerangan Kodam (Pendam) XVII/Cenderawasih.

Danpos menambahkan bahwa pengobatan ini dimulai dengan kegiatan anjangsana mendatangi rumah-rumah warga yang mengalami sakit. Pada kegiatan tersebut terdapat dua warga menderita sakit, yaitu Amatus Welip mengalami sakit pencernaan dan nyeri tulang, dan juga Pastor Gabriel yang menderita sakit malaria.

“Keduanya langsung diobati oleh tim kesehatan Satgas Pos Ubrub,” katanya. Danpos Lettu Inf Abdul Katrup berharap masyarakat Kampung Umuaf dapat terbantu dengan kegiatan yang dilakukan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 509/Kostrad ini.

“Semoga masyarakat dapat kembali sehat dan dapat beraktivitas kembali serta memiliki senyum yang ceria,” harapnya. Sementara itu, Pastor Gabriel salah satu warga yang mendapat pengobatan dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 509/Kostrad mengungkapkan bahwa, dirinya merasa senang dan bangga terhadap TNI yang sudah membantu mengobati warga dengan suka rela tanpa meminta imbalan sedikit pun. “Terima kasih bapak-bapak TNI dari Satgas Yonif 509/Kostrad yang sudah peduli terhadap kesehatan warga di kampung kami,” ucapnya.