Oktober 22, 2020

Pimpinan DPR, Mpr dan DPD beserta rombongan berkunjung ke Freeport

kabarmandala.com —┬áPimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua tepat di tiga daerah yakni kabupaten Mimika, Kabupaten Jayawijaya, dan Jayapura.

Khususnya di kabupaten Mimika, rombongan akan menuju PT Freeport Indonesia di Timika, Papua, tepat di Tembagapura. Selama perjalanan kesana rombongan itu akan menggunakan mobil besi baja dan mendapat pengawalan ketat dari TNI Polri.

Rombongan ini berjumlah 58 orang yang terdiri dari pimpinan MPR 5 orang, pimpinan DPR 1 orang, pimpinan DPD 2 orang, anggota MPR 13 orang, Menteri PUPR, Sesjen MPR, DPR dan DPD 3 orang, kepala biro 3 orang, perangkat pimpinan 3 orang, protokol 3 orang, media 6 orang, dan fotografer 4 orang.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Khusus (Pansus) Papua DPD RI, Dr. Filep Wamafma, SH., M.Hum ketika bersama rombongan saat briefing persiapan keberangkatan di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Senin (2/3) malam melalui pesan singkat WhatsApp.

Rombongan ini, kata Filep, telah tiba di Mimika pada 3 Maret pukul 06.00 wit pagi. Di Mimika rombongan hanya transit dan melakukan penerbangan lanjutan menggunakan Hercules TNI ke kabupaten Jayawijaya, disana rombongan akan menemui Forkompinda Pemkab Jayawijaya. Setelah itu rombongan juga akan berkunjung ke lokasi pembangunan rumah khusus pengungsian korban kerusuhan Wamena yang dipimpin oleh Menteri PUPR.

Lebih lanjut, jelas Filep, rombongan akan bertolak lagi ke Jayapura menggunakan pesawat Hercules TNI. Secara khusus di Jayapura rombongan akan bertemu juga Forkompinda Provinsi Papua dan melihat secara dekat salah satu venu stadio Papua Bangkit sebagai langkah persiapan menuju PON 2020. Kemudian rombongan ini bertolak kembali lagi ke Mimika untuk pertemuan dengan pihak jajaran direksi PT Freeport Indonesia di Kota Timika pada Rabu (4/3) pukul 12.00 wit.