Maret 3, 2021

Polda Papua Barat mengidentifikasi daerah yang rawan terjadi konflik jelang natal

kabarmandala.com — Menghadapi Natal dan malam pergantian tahun 2018-2019 Polda Papua Barat menyerap dari berbagai institusi untuk mengidentifikasi potensi gangguan. “Kami sedang mempersiapkan pelaksanaan Operasi Lilin Mansinam 2019. Ini dalam rangka mengamankan pelaksaan Natal hingga malam pergantian tahun,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Barat, AKBP Mathias Krey di Manokwari, Selasa.

Ia menyebutkan, pada rapat koordinasi yang dipimpin Wakapolda Papua Barat Kombes Pol Drs Tatang itu pihaknya menghadirkan perwakilan dari Kodam XVIII/Kasuari, Basarnas, Badan Kesbangpol Provinsi Papua Barat, Fasharan TNI AL Manokwari dan pihak terkait lainnya. “Juga FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama), Pertamina, hingga pelaku jasa logistik,” kata Krey lagi.

Rapat diawali dengan pemaparan Direktit Intelkam Polda tentang Situasi Kamtibmas menjelang Natal tahun 2019 dan Tahun Baru 2020. Kepala Biro Operasional Polda PB menjelaskan Situasi Gangguan Kamtibmas terdiri dari kejadian kejahatan, gangguan dan pelanggaran lalu lintas serta rencana pelaksanaan Operasi Lilin Mansinam 2019.

Selain itu, juga penyampaian dari BMKG tentang situasi dan kondisi perkiraan cuaca dan iklim hingga perkiraan kondisi perairan pada bulan Desember 2019. Pertamina Manokwari tentang kesiapan BBM dan LPG beserta armada dalam menghadapi perayaan Natal tahun 2019 dan Tahun Baru 2020. “Ada juga pemaparan dari Kepala Basarnas tentang kesiapan SAR dalam mengantisipasi kejadian pada perayaan Natal tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 terutama pada daerah perairan Laut Papua Barat,” pungkasnya.