Oktober 30, 2020

Polri Sebut Situasi di Mimika Kondusif, Pascapenembakan KKSB OPM di Freeport

Kabarmandala.com – Polri mengklaim situasi di Mimika, Papua, sudah kondusif pascapenembakan oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata ( KKSB OPM) di kantor PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana. Demikian diungkapkan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Argo Yuwono melalui siaran langsung di laman Facebook Divisi Humas Polri, Selasa (31/3/2020). “SItuasi di Mimika pascaperistiwa penembakan dalam keadaan kondusif dan aparat keamanaan melakukan penjagaan secara normal,” kata Argo.

Akibat peristiwa penembakan tersebut, seorang karyawan Freeport tewas. Korban tewas yang berinisial GTW (57) tersebut merupakan warga negara Selandia Baru. Sementara itu, dua karyawan lainnya yang merupakan WNI mengalami luka serius. Korban berinisial JMB (49) mengalami luka karena tembakan pada perut bagian kanan dan paha bagian kanan. Sementara itu, korban dengan inisial US (52) mengalami luka pada siku kanan dan punggung.

Argo menuturkan, polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Saat ini, aparat TNI-Polri juga sedang mengejar anggota KKSB OPM yang diduga menjadi pelaku. “Saat ini personil gabungan TNI-Polri masih melakukan pengejaran terhadap KKSB OPM pimpinan Joni Botak ke dalam hutan di Kuala Kencana,” tuturnya.