Mei 13, 2021

Tugas Pertama bagi Kadinkes Papua Adalah menangkal penyebaran virus Covid-19

kabarmandala.com — Terpilihnya Roby Kayame sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua memang tak ada yang menyangka. Namun dari kepemimpinan baru ini tak sedikit yang menaruh harap agar wajah kesehatan di Papua menjadi lebih baik. Sekretaris Komisi V DPR Papua, Jack Komboy menyampaikan bahwa dari kepemimpinan baru ini paling tidak ada terobosan yang bisa dilakukan untuk memperbaiki sektor kesehatan di Papua.

Jack menyebut ada beberapa soal yang patut diseriusi diawal kepemimpinannya pertama soal mewabahnya virus corona tau Covid 19 yang angka terakhir telah 17 orang dinyatakan positif dan 1 orang dinyatakan meninggal dunia. Papua sendiri sangat terbuka dengan virus ini sehingga perlu upaya segera untuk ditangani. “Saya pikir Corona yang ada di depan mata dan itu yang harus ditangani lebih dulu. Kita tak bisa berharap banyak para pemerintah pusat dan saya pikir sosialisasi secara masive hingga ke akar rumput perlu dilakukan,” kata Jack, Rabu (11/3).

Pasalnya hingga kini penyampaian atau penjelasan soal apa dan bagaimana virus ini hanya diperoleh di media sosial WhastApp. Nah tak sedikit juga informasi yang juga menimbulkan kepanikan sehingga terjadi aksi borong masker bahkan meninggikan harganya. “Ini karena ketidaksiapan. Papua harus siap,” jelasnya. Selain itu PR lainnya adalah bagaimana mengintegrasi antara KPS ke BPJS. “Ini juga urgent sebab dibeberapa kabupaten ada pasien yang ditolak karena datanya berbasis e-KTP,” jelasnya.