Oktober 25, 2020

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Luncurkan “Silicon Valley” di Papua

Kabarmandala.com – Anak muda Papua kini boleh berbangga. Provinsi paling timur di Indonesia itu segera memiliki ‘Silicon Valley’-nya sendiri. Berjuluk Papuan Youth Creative Hub (PYCH), sebuah ekosistem ekonomi kreatif, diresmikan pembangunannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) tepat di peringatan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2019. Bila berdiri nanti, PYCH ditargetkan mampu melahirkan setidaknya 100 pemilik usaha rintisan (startup) baru asli Papua.

Sebelumnya Jokowi memang menjanjikan hal tersebut ketika bertemu 23 Pemuda dan Pemudi Papua di Istana Negara pada 11 September silam. Pusat pengembangan ini akan dikelola PT Papua Muda Inspiratif, perusahaan yang didirikan oleh 21 pemuda-pemudi asli Papua dari tujuh wilayah adat, yang memiliki usaha, ataupun kegiatan sosial di bidang yang berbeda-beda.

Direktur PT Papua Muda Inspiratif, Billy Mambrasar, sempat mempresentasikan rencana pembangunan PYCH kepada Presiden Jokowi. Pusat pengembangan start-up, teknologi dan bisnis ini akan dibangun di jalan Vim, di wilayah Kotaraja, Jayapura, dengan luas lahan 1,5 hektare.

Di atas lahan tersebut, ujar Billy, akan dibangun sebuah pusat pengembangan kreativitas, bisnis, bakat, dan inovasi seluas 6.000 meter persegi yang terdiri dari ruangan-ruangan untuk belajar tentang bisnis, teknologi internet, pemrograman, dan dasar-dasar pengembangan start up.

“Juga dilengkapi asrama untuk menampung sekitar 100 pemuda dan pemudi yang akan mengikuti program belajar bisnis selama 1-2 bulan. Jadi kawan-kawan dari daerah bisa ke sini untuk memperdalam ilmu,” kata Billy, Senin (28/10).

Hingga saat ini sudah terdaftar 265 orang muda-mudi asli Papua yang berkeinginan untuk menjadi anggota. Salah seorang pendiri PT Papua Muda Inspiratif yang lain, Paskalis Pigai, mengungkapkan bahwa pusat pengembangan kreasi dan start up ini juga akan merangkul anak-anak muda yang memiliki bakat seni dan hiburan.