Oktober 22, 2020

Presiden resmi memutuskan PON ditunda

kabarmandala.com —  Presiden Joko Widodo resmi menunda penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua ditunda ke bulan Oktober 2021. Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas melalui teleconference dengan kabinet kerjanya dan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, Kamis (23/4) pagi.

Presiden Joko Widodo mengatakan, mendengar laporan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) telah menyiapkan tanggal baru dan telah berdiskusi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). “Maka, kita putuskan PON Papua ditunda dan Papua  benar-benar siap sebagai tuan rumah, baik venue maupun infrastruktur pendukung lainnya,” kata Presiden.

Dalam kesempatan itu juga, Presiden Jokowi juga mendengarkan langsung perkembangan virus corona atau Covid-19 di Papua sebagaimana dilaporkan Wakil Gubernur Papua. Dimana, hingga hari ini jumlah pasien positif Covid-19 di Papua mencapai 124 orang, tapi jumlah pasien yang sembuh sebanyak 33 orang.

Sementata Menpora Zainudin Amali  menjelaskan menggelar  PON Papua bulan Oktober 2021 karena bulan-bulan lainnya itu terisi dengan kegiatan olahraga lainnya. Menpora menjelaskan bahwa tahun 2021 akan jadi tahun yang sibuk bagi dunia olahraga Indonesia, baik menjadi tuan rumah maupun mengikuti berbagai ajang.

“April 2021 kita ada puasa dan lebaran, Mei-Juni ada Piala Dunia U-20, Juli-Agustus ada Olimpiade, dan Bulan Desember Sea Games Vietnam,” beber Zainudin. Dengan demikian, PON bulan Oktober 2021 sangat ideal, karena banyak koni daerah juga sementara tidak melaksanakan pelatda akibat dari dampak virus corona.