Oktober 22, 2020

PT Freeport Keluarkan Peringatan Keamanan untuk Karyawan, imbas teror yang dilakukan KKSB OPM

kabarmandala.com —¬†Insiden penembakan di Papua semakin marak dalam beberapa pekan terakhir. Untuk itu, PT mengeluarkan peringatan keamanan kepada karyawan dan keluarga, khususnya yang berada di Tembagapura agar waspada. “Perusahaan sudah mengimbau agar karyawan dan keluarga untuk tetap waspada, serta melaporkan hal-hal yang tidak lazim di sekitarnya,” kata Juru Bicara Freeport, Reza Pratama, Selasa (10/3/2020).

Meski dibayangi ancaman keamanan dari KKB, Reza memastikan kegiatan operasional PT tidak terganggu. “Hingga kini operasional PT Freeport secara keseluruhan berjalan normal,” kata Reza. Aksi penembakan yang dilakukan KKSB OPM berawal kontak tembak dengan anggota brimob di Jipabera, Tembagapura, Sabtu (29/2). Dalam kontak senjata itu, Bharatu (anumerta) Doni Priyanto tewas tertembak. Diketahui, Doni merupakan anggota Brimob Kelapa Dua, Jakarta.

Aksi KKSB OPM berlanjut pada Senin (2/3). Mereka menembaki kendaraan patroli yang ditumpangi anggota hingga membuat seorang anggota polisi mengalami cedera. Karena khawatir keamanannya terancam, 1.572 orang yang merupakan penduduk di empat kampung, diantaranya Banti, Utikini, dan Arwanop dievakuasi ke Timika.