Maret 3, 2021

Raja Ampat Raih Penghargaan Trisakti Tourism Awards

kabarmandala.com — Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat meraih penghargaan Trisakti Tourism Award 2019 kategori wisata bahari. Penggagas Trisakti Tourism Award, Wiryanti Sukamdani di Jakarta, Minggu (22/12) malam, menyampaikan niat pemberian penghargaan itu untuk mendorong kemajuan industri pariwisata Indonesia.

“Indonesia adalah mutiara khatulistiwa yang wajib kita kelola dan dijaga sebaik-baiknya. Kita tidak boleh meninabobokan atas sumber daya alam yang melimpah karena pariwisata Indonesia sebagai salah satu ujung tombak pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar dia.

Melalui Trisakti Tourism Awards, ia mengharapkan para kepala daerah semakin terpacu dan bekerja keras membangun destinasi dan industri pariwisatanya. “Kita harus bergerak cepat, pariwisata harus menjadi motor penggerak devisa dan memberikan ‘multiplayer effect’ yang mendorong perekonomian kita lebih tinggi,” ujarnya.

Ia optimistis pariwisata juga dapat menyejahterakan masyarakat, menghapus kemiskinan, memajukan budaya, dan melestarikan alam lingkungan. Ketua Dewan Juri Trisakti Award Sapta Nirwandar menyatakan pemenang didapat dari 60 lebih kabupaten/lkota yang mendaftar sebagai peserta.

Dia menjelaskan pemenang Trisakti Award 2019 untuk kategori wisata bahari, juara pertama Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, diikuti Kabupaten Sumbawa, NTB, dan Kabupaten Belitung, Babel. Juara satu kategori ekowisata diraih Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur diikuti Kabupaten Kulonprogo, D.I. Yogyakarta, dan Kota Batu, Jawa Timur.

Kategori wisata warisan budaya dan sejarah diraih Kabupaten Tabanan, Bali, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTB, dan Kabupaten Payakumbuh, Sumatera Barat. Kategori wisata kuliner dan belanja diraih Kota Semarang, Jawa Tengah, Kota Surakarta, Jawa Tengah, dan Kota Medan, Sumatera Utara. Penghargaan khusus diraih Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara, dan Provinsi Sumatera Selatan.