Oktober 28, 2020

Ratusan Pemuda Dari Wilayah Adat Saireri Gelar Kongres I Pemuda Saireri Papua

kabarmandala.com — Ratusan pemuda yang berasal dari Wilayah Adat Saireri (Teluk Cendrawasih), melaksanakan Kongres I Pemuda Saireri Papua, bertempat di Hotel Horison, Kotaraja, Jayapura, Jumat (15/11). Kongres yang berlangsung selama 2 hari ini bertujuan untuk menyatukan konsep dan pemikiran baru yang dapat menjadi masukan bagi pemerintah daerah di wilayah Saireri Papua serta membangun warga masyarakat di wilayah tersebut.

Selain itu, kongres ini juga membahas mengenai batas-batas wilayah adat di Papua agar tidak mudah dihancurkan oleh kepentingan politik dan kekuasaan segelintir orang. Gifli Buinei, ST, yang terpilih sebagai Ketua Pemuda Saireri pada Kongres ini menegaskan, kongres ini diharapkan dapat mempersatukan pemuda di wilayah Saireri untuk membangun masyarakat asli Papua asal Saireri.

“Kongres ini diharapkan dapat mempersatukan konsep-konsep pemikiran positif yang dapat membantu kepala daerah di wilayah saireri Papua untuk membangun masyarakat asli Papua asal saireri yang berada di kampung-kampung di berbagai aspek kehidupan,” kata Gifli. Di tempat yang sama, Sekda Kep.Yapen, Alexander Nusy menegaskan, dari sisi adat, kesamaan budaya, itu sebetulnya bagian dari kita Saireri, Supiori, Biak, Yapen, Waropen sampai ke Mamberamo raya. Mamberamo bagian pantai, Nabire, Napan, itu sebetulnya dari sisi adat budaya Saireri semua dalam satu kawasan.

Oleh karena itu dari sisi kesatuan dan persatuan yang kita bangun ini, memang teman-teman yakin melihat dari sisi itu untuk membangun persatuan yang ada ini, mereka lihat dari sisi kesamaan adat dan budaya. Kita harapan juga, mungkin dengan Kongres ini dapat membuat konsep yang menggerakan pemerintah untuk melihat secara jeli lagi bagaimana menyatukan seluruh kawasan ini harus didasarkan kesamaan adat dan budaya.

Terpilih sebagai Ketua Pemuda Saireri dalam kongres ini yaitu Gifli Buinei, ST, sementara posisi Sekjen diemban oleh Nicolas Imbiri, SE. Pemilihan ini di Ikuti semua Perwakilan Pemudah yang berada di Empat Kabupaten wilayah Saireri termasuk Perwakilan Pemuda Mamberamo raya bagian barat dan Perwakilan Pemuda Nabire bagian Pantai.