Januari 17, 2021

Rektor Uncen: Pernyataan Otsus dan Pemekaran Papua Itu Hoaks dan Bukan dari Saya

Kabarmandala.com – Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen), Apolo Safanpo membantah pernyataan yang beredar mengatasnamakan dirinya yang berjudul Otonomi Khusus (Otsus) dan Pemekaran Provinsi Papua yang viral di media sosial. Ia mengaku pernyataan itu hoaks atau bohong.

“Saya tidak pernah memberikan pernyataan pers atau pernyataan dalam bentuk apapun di depan publik mengenai Otsus dan Pemekaran Papua, seperti yang tertulis di media sosial yang sudah berviral itu. Itu pernyataan hoaks atau bohong,” kata Apolo, Rabu 30 September 2020.

Mantan Dekan Fakultas Teknik Uncen ini menyebutkan ia tak pernah memberikan pernyataan politik secara liar dan tak pernah menulis pernyataan politik di media manapun.

“Tulisan tersebut ditulis oleh orang yang tidak bertanggungjawab dengan mengatasnamakan Rektor Uncen. Saya akan adukan ke Polda Papua dan pihak berwenang, sesuai prosedur hukum di negara ini,” kata Apolo.

Tulisan yang mengatasnamakan Rektor Uncen viral pada media sosial dengan judul “Pernyataan Rektor Uncen: Kalau Otsus dan Pemekaran Dilanjutkan” yang isinya menyebutkan jika Otsus dan pemekaran dilanjutkan, maka Papua akan menjadi ladang eksploitasi SDA yang berakibat pada masyarakat adat tergusur, termarjinal, terasing di atas negerinya sendiri.

Tulisan yang beredar luas dan bohong ini juga menyebutkan akan ada migrasi pendatang di wilayah pemekaran dan menguasai sektor-sektor kehidupan orang Papua.