Oktober 29, 2020

Relawan Peduli Penanganan Covid-19 berikan bantuan alkes IDI Manokwari

Kabarmandala.com – Menurut Kapendam XVIII Kasuari Kolonel Inf Andi Gus Wulandri, bantuan alkes yang datang dari Jakarta ini berupa cairan disinfektan 56 buah, hand sanitizer 70 buah, alat pelindung diri (APD) 310 buah, masker 1.750 buah, tiang bilik disinfektan 4 buah, buku 800 buah, megaphone 1 buah dan pakaian 15 kilogram.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Manokwari menerima alat kesehatan (alkes) bantuan dari Relawan Peduli Penanganan Covid-19. Bantuan ini tiba di Bandara Rendani Manokwari, Papua Barat, Jumat, 10 April 2020 menggunakan pesawat Herkules C-130 milik TNI Angkatan Udara (AU).

“Seluruh barang itu diperuntukan bagi rumah sakit rujukan pasien Covid-19 yang ada di wilayah Papua Barat,” tutur Andi kepada sejumlah wartawan, di ruang kerjanya Kodam XVIII Kasuari, Jumat 10 April 2020.

Pesawat Hercules milik TNI AU yang memuat alkes itu berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta menuju ke Bandara Rendani Manokwari, yang sebelumnya transit di Bandara Hassanudin, Makassar dan Samratulangi, Manado yang pimpin Kapten Penerbang (Pnb) E.T. Prabowo dan 12 orang lainnya.

Menurut Andi, saat tiba di Bandara Rendani, penerimaan bantuan alkes ini dibantu para prajurit Kodam XVIII Kasuari dan aparat Polres Kabupaten Manokwari. “Bantuan alkes ini selanjutnya akan didistribusikan ke berbagai rumah sakit rujukan Covid-19 yang ada di wilayah Papua Barat,” terangnya.

Ketua IDI Manokwari, Adhe Ismawan menuturkan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada TNI AU, yang sudah mau mengantarkan bantuan alkes ke Manokwari, dan terima kasih atas perhatiannya kepada para medis, sangat bahagia atas bantuan yang diberikan dari rekan-rekan dan beberapa organisasi di Jakarta.

“Saat ini teman-teman sedang mengatur barang yang akan disalurkan ke 5 rumah sakit, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Manokwari, Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua Barat, RSUD Kabupaten Fakfak, RSUD Kabupaten Kaimana, dan RSUD Kabupaten Bintuni,” jelas Adhe.

Adhe juga mengatakan, mewakili masyarakat dan tenaga medis di Provinsi Papua Barat, pihaknya sangat berterima kasih atas bantuan dari Relawan Peduli Penanganan Covid-19 ini.

“Bantuan yang datang ini merupakan barang-barang yang sangat kami butuhkan dalam melaksanakan tugas di garis depan sebagai tenaga medis, guna membantu pemerintah dan masyarakat mengatasi pandemi Covid-19,” kata Adhe.