Desember 4, 2020

Salah satu tokoh pentolan KKB turun hendak cari munisi berhasil ditangkap oleh Polisi

kabarmandala.com — Kapolda Papua Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw mengungkapan bahwa pihaknya telah melakukan penangkapan terhadap Iris Murib, Pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Wilayah Sinak, di Kali Pindah-pindah Timika yang bertujuan mencari amunisi dan melengkapi persenjataan untuk digunakan pada peringatan Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka, OPM pada 1 Desember mendatang.

“Yang bersangkutan mencari amunisi dan lain-lain untuk melengkapi peralatan mereka. Syukur dia masih hidup dan kami coba ungkap jaringan-jaringannya,” ujarnya saat ditemui wartawan di Rimba Papua Hotel, Jumat (22/11) malam. Dikatakan Kapolda bahwa Iris Murib berada di Timika, berencana bergabung dengan kelompok lainnya dalam perjalanan berbagai wilayah yang melintasi Intan Jaya maupun Sugapa.

“Dan juga berencana bergabung dengan kelompok yang dalam perjalanan dari berbagai wilayah yang meilintasi intan jaya, Sugapa untuk melakukan aksinya pada 1 Desember nanti,” ungkap Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw. “Saya selalu mengatakan bahwa mereka adalah manusia yang tidak memiliki tugas dan pekerjaan yang jelas, sehingga memanfaatkan ruang-ruang yang ada. Ketika mereka bisa merampas satu senjata anggota, mendapatkan sebuah kepercayaan yang tinggi dan menekan semua orang,” ujarnya menambahkan.

Mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, kata Kapolda, pihaknya meningkatkan patroli rutin dan melakukan razia untuk mengeliminir pergerakan KKB itu sendiri. “Setiap hari kita melakukan razia untuk mengeliminiri pergerakan kelompoknya. Sehingga saya mengimbau kepada seluruh masyarakat jangan membawa sajam ataupun barang-barang yang mencurigakan dan berurusan dengan hukum,” imbuhnya.