Home / Pendidikan / Sangat Tragis, separatis KSB pimpinan Lekagak Talengeng serang masyarakat sipil di kampung Oleng, Ilaga

Sangat Tragis, separatis KSB pimpinan Lekagak Talengeng serang masyarakat sipil di kampung Oleng, Ilaga

kabarmandala.com – Kelompok Separatis KKSB pimpinan Legakak Talengeng melakukan aksi kebrutalan pada masyarakat sipil di Kampung Olenki, Muara, Ilaga pada Tanggal 17 September 2019. Tidak tanggung tanggung mereka menjadikan masyarakat sipil sebagai tameng untuk melawan aparat TNI-POLRI. Mereka juga membalikan fakta, bahwa sesungguhnya korban masyarakat yang meninggal sebenarnya karena kebiadaban kelompok Lekagak Talengeng, tapi oleh media KKSB berita tersebut diputar seakan akan korban masyarakat karena tindakan aparat. Atas keresahan tersebut Masyarakat setempat meminta bantuan TNI-POLRI untuk mengusir kelompok KKSB dari Kampung Olienki, Muara,ilaga. Menerima laporan dari masyarakat TNI-POLRI melaksanakan patroli di kampung olenki, saat berada di kampung tersebut terjadilah kontak tembak antara KKSB dan TNI-POLRI. Mendapat serangan dari TNI-POLRI Kelompok KKSB berhamburan lari ke sungai.

TNI-POLRI berhasil menemukan 1 buah HP Samsung dan 2 Charger HT. Saat ini kampung  Olenski sekitar distrik Ilaga Utara yang sebelumnya dikuasai KKSB pimpinan Legagkak Taslenggeng telah berhasil diambil alih dan dikuasai aparat TNI-POLRI. Hingga kini pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) terus dilakukan pihak TNI-POLRI

Salah satu saksi saat kejadian Pdt Anis Labene STH  menerangkan KKSB pimpinan Lekagak Talengeng menembak 1 orang balita tak berdosa hingga meninggal dan 6 orang masyarakat mengalami luka-luka.

Kelompok KSSB pimpinan Lekagak Talengeng saat berada di Kampung Olenki sering melakukan kekerasan terhadap warga masyarakat dan apabila permintaaan Kelompok KKSB tidak dituruti maka mereka melakukan pemukulan dan penganiayaan terhadap warga masyarakat sipil setempat. Berikut catatan kekerasan yang dilakukan kelompok KKSB sebagai berikut:

  1. Pemukulan terhadap bapak pendeta kampung olenki karena menegur kelompok KKSB agar pergi dari Kampung Olenki karena menimbulkan kerugian kepada masyarakat.
  2. Pemerasan terhadap masyarakat sipil
  3. Pemerkosaan terhadap wanita
  4. melaksanakan pemalangan jalan di Kp. Amunge, Muara
  5. Merampas 7 motor ojek, sementara tukang Ojek berhasil melarikan diri

Masyarakat Papua sangat mengecam tindakan kelompok separatis ini. Masyarakat juga berharap aparat TNI-POLRI secara fokus dan serius menjaga stabilitas keamanan di Papua, karena jika tidak, Papua akan menjadi daerah dengan segudang kasus kekerasan, tidak akan ada kesejahteraan dan tidak akan ada keseimbangan. Papua tidak akan pernah maju dalam bayang-bayang Separatisme KKSB.

Check Also

PGRI meminta agar sekolah meliburkan kegiatan belajar

kabarmandala.com —  Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Prof Unifah Rosyidi meminta …