Oktober 26, 2020

Satgas TMMD bantu warga dorong mandiri pangan

kabarmandala.com — Babinsa Satuan tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1701/Jayapura membantu warga Kampung Kibay Kabupaten Keerom menjadikan kampung mandiri pangan karena daerah setempat sangat subur dan cocok sebagai lahan pertanian. Sebagian masyarakat di Kampung Kibay adalah petani yang memanfaatkan lahan pertanian untuk menanam tanaman bernilai ekonomis, seperti tanaman Vanili, Pinang, Jagung, Cengkeh, dalan lain-lainnya, kata Babinsa di setempat Sertu Agus, Minggu.

TMMD di Kampung Kibay tak lepas dari peran serta Babinsa Sertu Agus yang setiap hari terus berusaha melakukan komunikasi sosial (komsos) kepada warga untuk mengetahui kendala yang dihadapi warga dalam meningkatkan kemakmuran, kesejahteraan dan keamanan di Kampung Kibay. Babinsa Sertu Agus meyakinkan warga setempat, bahwa kehadiran Satgas TMMD tidak hanya difokuskan pada pembangunan fisik, namun juga membantu warga menjadikan kampungnya mandiri pangan pertanian.

“Dengan melihat kegigihan dan keuletan warga kampung Kibay, khususnya pada bidang pertanian, lambat laun menunjukkan hasilnya. Sebagai Satgas TMMD, kami senantiasa bertekad membantu warga,”ucapnya. Hasilnya, saat ini warga kampung Kibay tidak hanya bisa menanam, tetapi sudah bisa membudidayakannya serta menyediakan bibit tanaman bagi kampung di sekitarnya yang terletak di Distrik Arso Timur.

‘’Pembentukan kelompok tani atas peran dan bantuan pemerintah Kabupaten Keerom dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di bidang pertanian, termasuk dalam kegiatan penyuluhan, pemberian bantuan dan pendampingan,” kata Sertu Agus pada Minggu malam.

Saat ini ada sejumlah kelompok tani yang mendapatkan pendampingan yakni kelompok Tani Palawija yang ada di Kampung Kibay, serta Kelompok Tani Parpua, Kelompok Tani Dua Saudara dan Kelompok Tani Kisunggi yang berada di Distrik Arso Timur. TMMD di kampung Kibay distrik Arso Timur Kabupaten Keerom pembangunan fisik satu gereja dan empat rumah sehat layak huni serta kegiatan non fisik.