Home / Artikel / Satu keluarga pengungsi dari Wamena dipulangkan ke Luwu Raya

Satu keluarga pengungsi dari Wamena dipulangkan ke Luwu Raya

kabarmandala.com — Seorang ibu rumah tangga beserta dua orang anaknya yang merupakan pengungsi dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Sabtu (12/10), dipulangkan ke kampung halamannya di Luwu Raya setelah beberapa hari mengungsi di Timika Kabupaten Mimika akibat kerusuhan di Wamena. Esther Pallulungan bersama dua anaknya Roy G. Labiran dan Melanti Mansur dipulangkan menggunakan penerbangan komersial Sriwijaya Air menuju Makassar siang tadi, dan diantar Panitia Penanggulangan Kemanusiaan Wamena-Ilaga yang dibentuk Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) untuk penanganan pengungsi.

Ketua Penanggulangan Kemanusiaan Wamena-Ilaga KKSS, Muhammad Sain, mengatakan, ke tiga pengungsi tersebut nantinya setiba di Makassar akan dijemput keluarganya untuk kemudian kembali ke kampung halamannya di Luwu Raya. “Kami panitia penanggulangan kemanusiaan dari KKSS hanya membantu dalam hal memfasilitasi tiket dari dana yang kami peroleh dari bantuan-bantuan para pihak. Alhamdulillah hari ini ibu dan anaknya sudah bisa pulang ke kampung,” terang Muhammad Sain alias Jhoji saat dikonfirmasi Salam Papua, Sabtu (12/10).

Menurut dia, ibu Esther pulang ke Luwu Raya untuk menyekolahkan anaknya di kampung halaman, lantaran trauma dengan kondisi Wamewa beberapa waktu lalu, meski saat ini sudah dinyatakan aman oleh pemerintah. Sementara suami Esther saat ini masih berada di Wamena menjaga rumah yang dimilikinya di daerah itu. “Dia pulang ke kampung halamannya, alasannya pindahkan anak sekolah dari Wamena ke Luwu Raya akibat insiden Wamena,” tuturnya.

About Topan Mostav

Check Also

Numbay Kreatif Festival NCF 2019 sudah mencapai 80% persiapan

kabarmandala.com — Ketua Jaringan Komunitas Kreatif Numbay (J-KON) Muhamad Ilham M. Murda ST.M.Sn, melihat kerja kerasnya …