Oktober 28, 2020

Sebanyak 1.100 Personel Gabungan TNI POLRI disiagakan menjelang kunjungan Rombongan Menteri

kabarmandala.com — Menjelang kedatangan sejumlah petinggi negara, yakni Menkopolhukam, Kapolri dan Panglima TNI di Jayawijaya, aparat Gabungan TNI / Polri melakukan gelar pasukan pengamanan di Kota Wamena. Gelar pasukan dipimpin Langsung oleh Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua bersama Dandim 1702/ Jayawijaya Letkol Inf Candra Dianto, dan Kapolres Jayawijaya AKBP. Dominggus Rumaropen.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua mengakui jika apel gelar pasukan ini di ikuti oleh 1,100 personil Gabungan TNI/ Polri dimana ini dilakukan karena ada rencana kunjungan dari Mentri Polhukam, Kapolri dan Panglima TNI di Wamena pada tanggal 28 dan 30 November, sehingga dilakukan gelar pasukan untuk pengamanan tamu yang datang nanti.

“Kita akan ada tamu dari pusat sehingga kita sudah menyiapkan seluruh pasukan dan akan dibagi ke beberapa rute pengamanan yang akan dibagi oleh Dandim dan Kapolres Jayawijaya,”ungkapnya selasa (26/11) kemarin. Bupati memastikan untuk kesiapan pasukan sendiri sudah banyak di Kabupaten Jayawijaya untuk memberikan pengamanan pada saat kunjungan nanti, saat ini kami fokus untuk pengamanan kunjungan, sementara untuk antisipasi 1 desember tak ada persiapan apa -apa, namun ia yakin jika pada 1 desember nanti tak ada kegiatan apa-apa.

“Kita apel gelar pasukan ini untuk pengamanan kedatangan tamu bukan untuk antisipasi 1 desember, kalau untuk itu sayta yakin kepada masyarakat Jayawijaya kalau tak ada kegiatan yang dilakukan dalam 1 desember,”tegasnya. Menurutnya, pada satu desember nanti merupakan hari minggu dan hari yang digunakan untuk beribadah, hal ini terbutti saat kunjungannya ke distrik -distrik waktu itu digunakan untuk beribadah dan acara gereja seperti pembabtisan anak -anak, sehingga tak ada persiapan apapun untuk antisipasi itu, namun apapun yang akan terjadi kesiapan TNI/ Polri ada di Wamena.

“Tanggal satu itu hari inggu kita gunakan untuk ibadah dan acara gereja seperti pembabtisan, sidi, masyarakat akan melakukan aktifitas ibadah seperti biasa di gereja gereja, tapi kalau memang ada gangguan kami siap untuk menindaklanjuti itu karena aparat gabungan banyak di wamena,”jelasnya.

Untuk kunjungan yang dilakukan besok ini, lanjut Jhon Banua, ia sendiri belum mendapat bocoran menganai agenda yang akan dilakukan oleh petinggi negara di Jayawijaya, namun yang ia ketahui ada tatap muka dengan prajurit TNI/ Polri dan akan melihat beberapa titik yang lagi dilakukan pembangunan. “Kami belum tahu secara pasti agendanya apa, hanya saja yang kami ketahui ada kunjungan ke beberapa tempat yang saat ini sedang dilakukan pembangunan dan akan bertatap muka dengan Prajurit TNI/ Polri di wamena.”tutur Banua.