Desember 1, 2020

Sejak Januari 2020, Patroli di Jayawijaya Kerahkan Kekuatan personel sesuai medan dan wilayah

kabarmandala.com —┬áKepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jayawijaya, AKBP Dominggus Rumaropen, mengungkapkan bahwa Patroli standar dengan beberapa Polisi dan satu mobil saja tidak berlaku di wilayah Jayawijaya, Papua.┬áDominggus mengatakan bahwa pihaknya meniadakan Patroli standar seperti biasa dan mengerahkan kekuatan Peleton untuk berpatroli. Menurutnya, Patroli harus sesuai dengan medan dan karakter wilayahnya masing-masing.

“Patroli yang kami lakukan di sini bukan Patroli biasa, karena kita sesuaikan dengan situasi dan karakteristik daerah sehingga kita Patroli dengan kekuatan Peleton,” kata Dominggus di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Papua, Sabtu (8/2/2020).

Dominggus menjelaskan bahwa Patroli dengan kekuatan besar tersebut sudah mulai dilakukan pada Januari 2020 dan masih akan terus berjalan, dengan melibatkan Satpol PP dan TNI. “Saat Patroli, kami juga menggunakan pengeras suara untuk mengimbau agar masyarakat tertib, tidak mabuk di kawasan umum,” katanya.

Ia sudah menerima informasi dari masyarakat terkait usulan pembuatan pos-pos keamanan di beberapa titik rawan, tetapi hal itu tidak bisa dikabulkan karena keterbatasan personel. “Namun kami telah menentukan cara bertindak kita untuk menjawab keresahan mereka, yaitu dengan Patroli Peleton. Tiada hari untuk kita hentikan, karena Patroli bergantian. Jadi semua yang masyarakat sampaikan, kami siap mengantisipasi,” ujar dia.