Desember 5, 2020

Sejumlah tersangka segera dilimpahkan ke kejaksaan

kabarmandala.com — Kapolres Jayawijaya melalui Kasat Reskrim AKP. Suheriadi menyatakan, pihaknya baru saja melakukan koordinasi dengan Kasipidum Kejari Jayawijaya dimana sebelum akhir tahun ini pihaknya akan segera melimpahkan perkara ini kepada kejaksaan untuk ditindak lanjuti. Sebab, batas akhir penyerahan para tersangka itu 6 Desember.

“Kita diberikan waktu singkat untuk melengkapi beberapa saksi dan penambahan alat bukti untuk menyerahkan 13 tersangka kasus kerusuhan Wamena karena batas akhir kita hanya sampai tanggal 6 Desember,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos Jumat (22/11) kemarin.

Menurutnya, untuk tersangka yang ditangani di Polres Jayawijaya ada 13 orang, sementara untuk tersangka anak -anak yang telah diselesaikan itu ada 3 orang, kemudian yang dilimpahkan ke Polda Papua ada 3 orang. Sementara untuk tersangka yang di bawah umur ini, satu orang dilimpahkan ke kejaksaan sedangkan dua orang lainnya didiversi.

“Diversi yang dimaksud disini itu dilakukan penyelesaian secara kekeluargaan, dengan menghadirkan semua pihak baik orang tua, korban dan juga kepolisian untuk menyelesaikan masalah tersebut,”jelas Suheriadi.

Untuk kelanjutan permintaan pemindahan lokasi sidang, kata Kasat Reskrim, pihaknya telah mengajukan surat awalnya ke Kejaksaan maupun Pengadilan , nanti surat yang dikirimkan itu akan dilanjutkan ke Mahkamah Agung (MA), sehingga ini tak menunggu adanya penyerahan tersangka dulu baru nanti dibicarakan kembali.