Oktober 22, 2020

Seluruh Brimob Polda Riau Dipulangkan dari Papua pada Akhir Bulan Ini

kabarmandala.com — Seluruh personel Brimob Polda Riau yang diberangkatkan melaksanakan Operasi Aman Nusa I, akan segera dipulangkan dari Papua. Seluruhnya akan dipulangkan pada akhir Desember 2019 ini. Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengungkapkan, saat ini ada 300 personel Brimob Polda Riau yang masih berada di Papua. Pemulangan 300 personel Brimob Polda Riau akan dilaksanakan dalam dua gelombang.

“Masih ada 300 personel kita yang masih di Papua, yang akan kembali pada 28 dan 30 Desember. Mereka pulang dalam dua gelombang. Mereka kembali karena telah selesai malaksanakan Operasi Aman Nusa I,” ungkapnya di Pekanbaru, Ahad (22/12).

Dalam Operasi Aman Nusa I 2019, Polda Riau memberangkatkan 400 personel ke Papua. Dari 400 personel yang menjalankan tugas operasi, satu diantaranya gugur, yakni Bripka (Anumerta) Hendra Saut Parulian Sibarani. “Selama operasi ini, satu personel kita yang gugur, yaitu Bripka Hendra,” ujarnya.

Dia gugur dalam situasi panas yang terjadi di Yahukimo, Papua pada Rabu (18/12) lalu. Bripka Hendra mengalami luka serius setelah menjadi bulan-bulanan massa yang emosi di depan sebuah toko di Yahukimo. Kapolda Riau mengungkapkan, pihaknya menyerahkan seluruhnya pada Polda Papua untuk melaksanakan penyidikan dalam mencari pelaku pengeroyokan terhadap Bripka Hendra.

“Mekanisme penegakan hukum ada di Polda Papua, dan saat ini masih terus berlangsung, saya mendengar laporannya. Saya rasa nanti dari Polda Papua akan memberikan penjelasan terkiat dengan penyidikan atas meninggalnya rekan kita ini,” katanya.