Desember 4, 2020

Seluruh mahasiswa Papua yang di China telah dipulangkan ke Papua

kabarmandala.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jayapura telah memulangkan semua mahasiswa yang sebelumnya mengikuti  program Penelusuran Pengembangan dan Potensi Putra-Putri Papua (P5) yang  kuliah di China.

“Sebelumnya ada dua yang masih bertahan di sana, tapi sudah dipulangkan kemarin ke Indonesia, keduanya masing-masing bernama Rika Tokoro dan Gabriela Puhili,”ujar Kepala BKD Kabupaten Jayapura, Alex Rumbobiar saat ditemui wartawan di Kantor BKD Jayapura, Jumat (7/2).

Dia menyebutkan, seluruhnya ada empat mahasiswa yang sedang mengikuti program P5 di China. Dua dari empat mahasiswa tersebut sudah lebih dulu kembali ke Indonesia sebelum virus Corona itu mulai merebak. Pemerintah Kabupaten Jayapura akan terus memantau perkembangan situasi ini dan juga akan membangun komunikasi yang intens dengan orangtua maupun dengan pihak ketiga terkait langkah selanjutnya terutamaproses perkuliahan mereka di luar negeri.

“Mereka ini juga sudah masuk di tingkat terakhir, Sehingga kalau kita tahan terlalu lama dan mereka tidak kembali, takutnya nantinya akan menjadi masalah. Kami harapkan persoalan wabah yang terjadi di China segera berakhir  supaya kami akan komunikasikan dengan pihak ketiga supaya mereka  bisa kembali ke kota studi,” jelasnya.

Sebelumnya sempat diberitakan 2 mahasiswa kedokteran asal Sentani itu sempat tertahan di China. Namun setelah adanya  komunikasi yang dibangun oleh Pemkab Jayapura bersama dengan pihak ketiga yang mengirim  mahasiswa tersebut ke luar negeri, akhirnya mereka bisa dipulangkan ke tanah air.