Oktober 20, 2020

Setia Dan Cinta NKRI Menjadi Tema Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Kodim 1803 Fakfak

kabarmandala.com —  Kodim 1803/Fakfak, Papua Barat, pada Kamis (19/9) lalu, menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di wilayah Koramil Kokas, yakni di Distrik Kokas dan Distrik Arguni. Kegiatan yang diikuti Kepala KPPN Fakfak, Kepala Bea dan Cukai Fakfak, Kepala Distrik, Kepala Kampung, serta puluhan tokoh masyarakat itu, menggaung semangat cinta NKRI.

Komandan Kodim 1803/Fakfak, Letkol Inf. Yatiman, A.Md. menyampaikan bahwa,  persatuan yang kuat di masyarakat, akan membuat Bangsa dan Negara Indonesia maju dan  kuat. “Jika persatuan dan cinta bangsa dan negara di masyarakat kuat, maka keberadaan bangsa dan negara ini juga semakin kokoh,” ujar Dandim. “Kejadian Timor Timur menjadi pelajaran berharga bagi kita semua. Apakah setelah lepas dari Indonesia lalu Timor Leste menjadi semakin baik? Semua orang tahu, kondisi mereka tak lebih baik,” lanjutnya.

Dandim juga mengingatkan bahwa, perhatian pemerintah terhadap masyarakat, khususnya di Papua sudah luar biasa besar. “Dana desa di Papua sungguh luar biasa. Jika kita bandingklan, misal di Jawa, maka besaran dana itu, jauh lebih besar di Papua. Hal ini adalah sebagai upaya pemerintah, untuk menggenjot ketertinggalan Papua dari daerah lainnya. Untuk itu, keberadaan dana tersebut, harus bisa dipergunakan untuk meningkatkan keterampilan dan kualitas hidup kita,” ujar Dandim.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim meminta masyarakat asli dan pendatang, dapat bekerja sama, saling mengisi dan saling membantu dalam menerapkan ilmu keterampilan yang dimiliki, agar kehidupan bersama menjadi lebih baik.