Oktober 24, 2020

Tahun 2020, Prioritas Pembangunan Kampung di Kabupaten Merauke

kabarmandala.com — Bupati Merauke, Frederikus Gebze menegaskan, Tahun 2020 pembangunan di tingkat kampung menjadi salah satu prioritas yang akan digenjot pembangunannya. Dengan begitu, kata bupati, sebagai upaya pemerintah dalam pemerataan pembangunan hingga di kampung-kampung.

Baik aspek infrastruktur jalan dan jembatan hingga perumahan bagi tenaga guru dan medis di sana (kampung) guna mendukung aparatur menjalankan tugas pelayanan masyarakat. “Kalau kita lihat saat ini di dalam kota sudah mulai representatif. Tahun 2020, kita akan fokus pembangunan di kampung-kampung. DPRD dan Pemda setuju anggaran Otsus akan fokus digunakan untuk pembangunan perumahan, pendidikan dan kesehatan,” bebernya.

Kendati begitu, Pemkab Merauke tidak mengabaikan agenda utama pembangunan di Merauke pada sektor pertanian, perikanan yang sesuai dengan RPJMD. Dan tidak ketinggalan pembangunan juga fokus untuk suksesi perhelatan olahraga 4 tahunan, PON ke XX di tahun 2020.

Penyerapan Anggaran Capai 90 Persen
Bupati Merauke mengungkapkan, capaian progres penyerapan anggaran tahun 2019 telah mencapai 90 an persen.Menurutnya, hampir setiap tahunnya penyerapan anggaran di Merauke tercatat cukup sukses.“Dari sisi pembangunan, dengan penyerapan anggaran Kabupaten Merauke dalam penerimaan dan penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK) terbaik di Papua terserap dengan baik sesuai mekanisme dan penggunaan. Hingga akhir tahun, dari 3 sumber anggaran penyerapannya bisa diatas 80 hingga 95 persen, ” ujarnya.

Umumnya, lanjut bupati, penyerapan mulai tinggi terjadi di bulan September, Oktober hingga November. “APBD kita tepat waktu, di Bulan Desember mulai membuka tender tayang dilanjutkan kontrak di Januari, sehingga pada Februari nanti sudah dapat lakukan pekerjaaan,” pungkasnya.