Oktober 24, 2020

Tanggapan Kabid Bina Marga Terkait Jalan Rusak Di Kota Nabire & Jalan Trans Nabire KM 148

kabarmandala.com — Keluhan warga Kelurahan Nabarua yang meminta agar ada perbaikan jalan di wilayah mereka maupun di area lain yang ada di dalam kota Nabire serta laporan warga tentang jalan trans Nabire KM 148 yang rawan longsor, mendapat tanggapan dari Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Nabire, Pehenas Auwe, SSTP, M.Si.

Penehas mengatakan bahwa terkait perbaikan jalan di dalam kota Nabire yang menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten Nabire, hal itu masih belum terselesaikan semua karena defisit anggaran. “Kalau soal perbaikan jalan, satu kabupaten Nabire pasti membutuhkan hal itu. Hanya, hingga saat ini, akibat defisit anggaran dan persoalan lainnya, sehingga belum bisa dianggarkan dana untuk pemeliharaan jalan dan jembatan di kabupaten Nabire”, kata Penehas.

Sebelumnya warga mengakui sejumlah ruas jalan di wilayah Kelurahan Nabarua bahkan di sebagian besar dalam kota Nabire mengalami kerusakan. Kerusakan jalan bahkan dimanfaatkan warga untuk membuang sampah. Oleh karena itu warga meminta pemerintah dalam hal ini instansi terkait mengatasi persoalan tersebut. Sementara terkait jalan trans Nabire yang dilaporkan warga hampir longsor, Penehas menegaskan bahwa hal itu jadi tanggung jawab Balai Jalan Wilayah Paniai.

Seperti diketahui, warga melaporkan bahwa ruas jalan di KM 148 jalan Trans Nabire, rawan mengalami longsor di salah satu tikungan bahu jalan. Dan jika dibiarkan dapat membahayakan bagi kendaraan yang melintas di jalan tersebut. Oleh karena warga meminta kepada pihak terkait dari PUPR melalui Balai Jalan & Jembatan Wilayah Nabire agar bisa memperhatikan dan memperbaiki hal ini.