Maret 7, 2021

Terkait Papua, Amerika Serikat Dukung Integritas Indonesia

kabarmandala.com — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD mengaku menerima mandat berupa komitmen dari Amerika Serikat yang mendukung keutuhan integrasi Indonesia berkaitan dengan Papua dan Papua Barat saat ini.

Kata Mahfud, hal itu disampaikan langsung oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan saat berkunjung ke kantornya. “Komitmen Amerika terhadap keutuhan integrasi Indonesia terkait dengan Papua,” kata Mahfud.

Mahfud dalam pertemuan itu sempat menyampaikan langsung kepada Donovan bahwa Papua memang seutuhnya bagian dari Indonesia terlepas dari sejumlah konflik yang saat ini terjadi. Papua kata dia secara sah dan hukum merupakan bagian dari Indonesia dan telah diakui secara internasional. “Dan Amerika Serikat menyatakan sejak dulu mendukung posisi Indonesia atas kedaulatannya kepada Papua sebagai bagian dari wilayahnya,” kata dia.

Duta Besar Amerika Serikat, Joseph R Donovan berkunjung ke kantor Mahfud sekaligus menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan kerja sama antara dua negara. Papua merupakan salah satu wilayah yang menjadi perhatian serius pemerintah. TNI bahkan fokus menjaga kedaulatan Indonesia di Papua.