Home / Lifestyle / Tiket Pesawat Papua Mahal Luar Biasa, Wisatawan Enggan Datang Ke Raja Ampat

Tiket Pesawat Papua Mahal Luar Biasa, Wisatawan Enggan Datang Ke Raja Ampat

Kabarmandala.com – Kenaikan tiket pesawat dinilai akan mempengaruhi kunjungan wisatawan di musim liburan tahun ini ke sejumlah daerah Indonesia. Diperkirakan, banyak orang enggan mendatangi Raja Ampat, Papua Barat, karena masalah efisiensi biaya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo mengatakan, sedikitnya 40 persen wisatawan membatalkan kunjungannya ke Raja Ampat pada liburan lebaran tahun ini.

“Semua tour yang sudah booking batal ke Raja Ampat, karena harga tiket menurut mereka sangat tidak rasional. Sangat mahal sekali,” kata Yusdi kepada wartawan di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (31/5/2019).

Menurut dia, saat ini harga tiket menuju ke luar negeri seperti Eropa, Jepang atau negara-negara lainnya lebih murah jika dibandingkan ke kabupaten Raja Ampat.

Yusdi berharap masalah ini tidak berlarut-larut, dan Pemerintah segera mengambil langkah, sehingga harga tiket penerbangan ke Raja Ampat khususnya kembali normal.

“Sejak Desember 2018 sampai sekarang (Mei 2019) harga tiket ke Sorong, Papua ini luar biasa tingginya. Bukan cuma wisatawan, masyarakat Papua juga mengeluh,” katanya.

Dia mengakui, fenomena ini tidak saja dialami warga di Raja Ampat saja, tapi semua daerah wisata di Indonesia. Dampaknya, menurutnya, akan membawa pengaruh negatif terhadap perkembangan wisata tanah air.

“Ini otomatis, karena berkurang jumlah wisatawan maka berkurang juga orang yang menginap baik di hotel, resort, homestay maupun penginapan. Jika orang berkurang otomatis pendapatan atau pemasukan turun,” katanya.

About master

Check Also

Cek Aki Sebelum Sepeda Motor Ditinggal Mudik

Kabarmandala.com – Bulan puasa tak bisa lepas dari tradisi mudik. Banyak yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *