Oktober 28, 2020

Tim gabungan TNI menemukan sarang yang dijadikan Pos KKSB OPM di Intan Jaya

kabarmandala.com — Pasukan Gabungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) berhasil menemukan salah satu lokasi yang menjadi pos komando (posko) yang menjadi titik pertemuan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang kerap kali melakukan aksi separatis di wilayah Intan Jaya,¬†Papua.

Wakapendam Cendrawasih Letnan Kolonel TNI Dex Sianturi menyebut lokasi itu berada di kampung Danggoa, Distrik Agisiga. “Sebenarnya itu bukan markas ya, lebih tepat bila disebut lokasi pertemuan para anggota kelompok separatis,” katanya. Lagi pula kata dia, para anggota kelompok KKB ini memang sering berpindah-pindah sehingga lokasi-lokasi tersebut lebih cocok disebut sebagai tempat atau pos pertemuan mereka. Meski telah dilakukan penggerebegan, pihak TNI kata dia, belum berhasil mengamankan satu anggota pun dari KKB ini yang saat itu berada di lokasi.¬† “Mereka langsung lari berpencar menuju hutan,” ujar Dex.

Dia pun menyebut saat kejadian berlangsung tak ada kontak senjata antara pihak TNI dengan anggota KKB. Walaupun begitu, ia mengatakan tim patroli TNI memang sempat melakukan tembakan terhadap salah satu anggota separatis yang terlihat membawa senjata laras panjang. Namun tak ada balasan dari pihak KKB, diduga mereka tak bisa mengidentifikasi posisi tim patroli TNI.

Tim patroli, kata dia, berhasil mengidentifikasi kekuatan kelompok separatis tersebut yang diduga berjumlah sekitar 70 orang dengan senjata sekitar 20 pucuk senapan. “Untuk pengamanan lokasi kejadian di distrik Titigi, kita koordinasikan dengan aparat kepolisian dan pemerintah setempat. Tim patroli TNI tetap melanjutkan tugas patroli,” katanya.