April 20, 2021

TNI POLRI akan bersinergi meningkatkan kemampuan deteksi dini pergerakan KNPB dan KKSB

kabarmandala.com — Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka (HUT OPM) pada 1 Desember mendatang, TNI-Polri telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Kapolres Mimika AKBP I G. G Era Adhinata mengatakan bahwa pihaknya harus memiliki peningkatan kemampuan dalam mendeteksi pergerakan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang ada diwiliyah hukumnya, termasuk di Distrik Tembagapura yang dianggap rawan akan pergerakan kelompok kriminal bersenjata (KKSB) yang berseberangan dengan NKRI.

“KNPB adalah suatu organisasi yang memperjuangkan hak-hak mereka, terkait ulang tahunnya, kita akan melakukan deteksi dini apakah mereka akan mengganggu keamanan atau tidak,” ujarnya saat ditemui di Jalan Budi Utomo, Sabtu (16/11).

Diakuinya keberadaan KKB di Distrik Tembagapura, sebenarnya telah diketahui selama ini. Apabila kelompok tersebut berencana mengganggu kamtibmas, maka TNI-Polri bersama pasukan satuan tugas (Satgas) yang dimiliki siap melakukan pencegahan sedini mungkin.

“Kelompok KKB selama ini memang ada di sana (Tembagapura), kita akan pertajam apabila mereka ingin melakukan penembakan. Setelah melihat medan dan cuaca yang ada, otomatis kita harus ada peningkatan kemampuan dalam mendeteksi mereka,” ujarnya. Selain itu, selaku Kapolres yang baru menjabat, pria yang kerap disapa Era mengatakan bahwa pihaknya juga meningkatkan pelayanan kepolisian ditengah masyarakat Kabupaten Mimika.

Tertutama menjelang 1 Desember dan Natal, Polres Mimika bersama jajaran yang ada akan mengantisipasi gangguan kamtibmas yang ada di Mimika untuk melakukan kesiap-siagaan, mengantisipasi bila terjadi gangguan keamanan yang tidak diinginkan.

“Polisi yang jarang kelihatan di malam hari akan meningkatkan patroli, yang pagi harinya tidak pernah kelihatan di pos lalu lintas akan ditingkatkan juga. Intinya pelayanan kemampuan harus kita tingkatkan, kehadiran polisi di tengah masyarakat harus dirasakan. Begitu juga masyarakat, saya minta untuk meningkatkan kehadirannya bersama polisi dan TNI untuk mengamankan Mimika,” ujarnya.