Desember 4, 2020

TNI-Polri Di Merauke Laksanakan Pembersihan Jalan Trans Papua akibat pohon tumbang

kabarmandala.com — Personel TNI-Polri menyingkirkan pohon-pohon yang tumbang dari Jalan Trans Papua di kilometer 110, Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Minggu siang. Kapolsek Sota Iptu Makruf Suroto ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Minggu malam, mengatakan kegiatan itu dilakukan secara bersama-sama personelnya dan sejumlah anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanik Raider 411/Pandawa dengan dibantu warga setempat.

“Pembersihan ini untuk meminimalisir kecelakaan di Jalan Trans Papua karena ranting dan batang pohon tumbang tepat di badan jalan,” katanya. Dia mengatakan pohon tumbang diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi serta tiupan angin kencang menyebabkan arus lalu lintas sempat terganggu di Jalan Trans Papua KM 110.

“Personel gabungan TNI-Polri yang saat itu sedang melalukan patroli melihat pohon yang tumbang, sehingga dengan sigap dan tanggap langsung membersihkannya,” katanya. Ia menyebut pohon yang tumbang tersebut mengganggu pengguna jalan raya, apalagi yang akan melintas pada saat malam hari.

“Sehingga kami langsung melakukan proses evakuasi serta pengaturan lalu lintas di seputaran TKP pohon tumbang, dengan kerja sama anggota satgas dan masyarakat, pohon yang tumbang merintangi jalan, berhasil dievakuasi dan arus lalu lintas kembali berjalan normal,” katanya.

Berkaitan dengan itu, ia juga mengimbau pengendara yang melintasi di Jalan Trans Papua agar lebih berhati-hati. “Masuk musim penghujan, tentu jalan sangat licin dan pastinya ada pohon yang tumbang, untuk itu kami imbau agar lebih berhati hati,” katanya.