November 26, 2020

TNI-Polri Jaga Wilayah Rawan KKSB OPM Jelang Nataru

kabarmandala.com — Aparat TNI maupun Polri bahu-membahu dalam menjaga keamanan dan ketertiban di daerah yang dinilai rawan akan kemunculan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) di Provinsi Papua.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustafa Kamal menjelaskan, secara umum, kondisi keamanan di Papua pada malam Natal ini aman dan tertib. “Mudah-mudahan kegiatan misa hari ini, nanti malam, misa Natal dan besok berjalan dengan baik,” tandasnya , Selasa (24/12/2019).

Meski kondisi terbilang kondusif, lanjutnya, aparat kepolisian, TNI, dan dibantu beberapa organisasi kemasyarakan dan keagamaan tetap menjaga gereja dan beberapa titik lainnya di wilayah perkotaan. Tak hanya menjaga beberapa titik di wilayah perkotaan, Ahmad Mustafa Kamal menekankan bahwa kepolisian dan TNI juga memberikan perhatian khusus di wilayah-wilayah yang dianggap rawan akan munculnya KKSB OPM, yakni di wilayah pegunungan tengah.

“Wilayah pegunungan tengah ini menjadi atensi karena kita perlu antisipasi kelompok lima besar yang ada di wilayah pegunungan tengah untuk mengacaukan situasi,” pungkasnya.