Januari 17, 2021

TNI-Polri terus Buru KKB Hingga ke Desa-desa

kabarmandala.com —┬áTim gabungan TNI-Polri terus melakukan pengejaran terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang diduga menembak parjurit TNI, Sertu La Ongge, di Distrik Jila, Mimika, Papua. Pencarian difokuskan di desa-desa yang dicurigai menjadi tempat persinggahan kelompok tersebut.

“Masih diburu TNI-Polri, di sekitar enam desa,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua, Kombes Ahmad Mustofa Kamal, kepada Medcom.id, Selasa, 10 Maret 2020.┬áKamal belum dapat membeberkan secara rinci desa-desa yang menjadi lokasi pencarian KKSB OPM karena proses pengejaran masih berlangsung. Yang pasti, kata dia, desa-desa tersebut berada di kawasan Tembagapura.

Dia memastikan jumlah personel gabungan sudah cukup untuk mengejar kelompok yang meresahkan masyarakat tersebut. Penambahan personel dari pusat belum menjadi prioritas. “Masih cukup (personel). Pengejaran dilakukan rekan-rekan aparat yang berada di Tembagapura,” kata dia.

Sebelumnya, Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih, Herman Asaribab juga menegaskan tidak ada kompromi bagi kelompok tersebut. Aparat akan menindak tegas kelompok-kelompok yang melakukan teror. “Tidak ada kompromi bagi para pelaku yang dinyatakan melanggar hukum. Kami akan melakukan pencegahan dan penindakan terhadap mereka yang ingin mengacaukan keadaan di sini. Hal ini dilakukan agar tidak terulang lagi di kemudian hari,” tegas Asaribab, Senin, 9 Maret 2020. Semua komponen di Papua menginginkan situasi damai dan tidak ada gangguan keamanan. Termasuk aparat keamanan. “Kami akan berupaya bersama Polri memberikan rasa aman kepada masyarakat dan untuk mereka (KKB) akan kami kejar dan tindak tegas,” tegasnya.