Februari 26, 2021

Tujuh Orang Dijadikan Tersangka Pasca-Insiden Ekspo Waena

kabarmandala.com — Sebanyak tujuh orang ditetapkan polisi sebagai tersangka pasca-insiden bentrokan antarmahasiswa dan TNI/Polri di Ekspo Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura pada 23 September 2019. Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, dari 733 orang yang ditangkap beberapa jam pasca-insiden, sebanyak 726 di antaranya dipulangkan karena tidak terbukti bersalah.

“Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam di Markas Komando Brimob Polda Papua, tujuh orang ditetapkan sebagai tersangka. Tujuh orang ini terjerat melakukan kriminalitas,” kata Kombes Pol A.M. Kamal, Rabu (25/09). Menurutnya, dari ketujuh orang yang ditetapkan sebagai tersangka, dua di antaranya bukan berstatus mahasiswa, namun anggota organisasi tertentu.

“Yang pasti dia (dua orang tersangka) adalah anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB),” ujarnya. Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Papua, Emanuel Gobay, salah satu pihak yang memberikan pendampingan hukum terhadap para mahasiswa yang ditangkap ketika dikonfirmasi, membenarkan penetapan tujuh orang sebagai tersangka.

“Benar tujuh orang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka dijerat beberapa pasal berbeda-beda,” kata Emanuel Gobai. Akan tetapi Emanuel Gobai belum dapat memastikan apakah benar dua dari tujuh tersangka itu bukan berstatus mahasiswa. “Saya belum pastikan, apakah benar ada di antara tersangka ini yang bukan mahasiswa. Nanti saya akan cek,” ujarnya.