Oktober 21, 2020

untuk Meningkatkan Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial di Masyarakat Pemda Yalimo adakah kegiatan bersama

kabarmandala.com — Sebagai upaya merawat dan  meningkatkan rasa solidaritas dan hubungan sosial  kemasyarakatan,  Pemda Kabupaten Yalimo melalui Kantor Kesbang Kabupaten Yalimo menggelar kegiatan  Peningkatan Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial di Lingkungan  Masyarakat. Kegiatan tersebut dibuka Bupati Yalimo yang  diwakili Kepala Kantor Kesbang Kabupaten Yalimo, Liberius Mabel, S.Sos, bertempat di ruang pertemuan Kantor Kesbang Kabupaten Yalimo, Sabtu (14/12/2019), kemarin.

Menariknya, kegiatan ini diikuti 80 peserta yang terdiri dari para kepala suku setempat, ketua-ketua kerukunan/paguyuban serta para tokoh agama yang ada di Kabupaten Yalimo sebagai mitra pemerintah Kabupaten Yalimo dalam melaksanakan berbagai aspek pembangunan yang ada, baik itu pembangunan fisik, sosial budaya,politik dan ekonomi.

Menurut, Liber (pangilan sehari-harinya)  Kabupaten Yalimo merupakan salah satu kabupaten di wilayah Pegunungan Tengah Papua yang selama ini cukup kondusif,  aman dari  gesekan-gesekan, termasuk dalam melaksanakan pesta demokrasi, baik pemilihan Bupati/wakil bupati maupun  pemilihan legislatif.

Dikatakan, tetap kondusifnya Kabupaten Yalimo ini, tidak  lepas dari andil semua elemen seperti para kepala suku, ketua paguyuban dan tokoh agama yang selalu menjaga rasa solidaritas dan hubungan persaudaraan antar sesama maupun dengan suku lainnya dari luar Papua.

“ Puji Tuhan sejak kabupaten ini dimekarkan dari kabupaten induk, tetap selalu aman, tidak ada gesekan-gesekan. Kondisi ini akan terus kita rawat, salah satunya dengan kegiatan-kegiatan yang melibatkan para tokoh masyarakat dan tokoh agama,”katanya kepada PapuaSatu.com via telepon selurernya dari Yalimo, semalam.

Untuk itu, ia mengajak semua  peserta agar tetap mempertahankan hubungan baik antara sesama suku selalu rukun maupun antar umat beragama sebagaimana yang sudah tercipta selama ini, dimana ada kekompakan dan selalu ada sukacita.

Ditambahkan, Suku yang satu tidak menyakiti yang lain demikian dengan antar golongan agama yang ada, tetap solid. Dijelaskan, selain memupuk kebersamaan dan kerukunan, kegiatan peningkatan rasa Solidaritas  dan hubungan di lingkungan masyarakat  ini penting dilakukan mengingat tahun 2020 Kabupaten Yalimo akan menyelenggarakan pesta demokrasi, pemilihan bupati dan wakil bupati.

“ Jadi kegiatan ini juga sebagai ajang saling tukang informasih antara pemerintah dengan berbagai elemen, sehingga membantu pemerintah merumuskan dan mengambil langkah-langkah strategis ke depan,”katanya.