Juli 29, 2021

Upacara 17 Agustus dipastikan akan dipimpin Bupati Mimika

kabarmandala.com — Pejabat Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika Marthen Paiding memastikan pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2019 akan dipimpin oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng. “Bupati dipastikan akan memimpin upacara 17 Agustus,” kata Marthen di Timika, Kamis. Eltinus Omaleng diketahui beberapa waktu terakhir tidak berada di Timika lantaran sedang menjalani pemeriksaan kesehatan lanjutan di Jakarta.

Sebelumnya sekitar bulan Februari, Omaleng menjalani operasi pengangkatan daging tumbuh di wajahnya. Operasi dilakukan di salah satu rumah sakit di Singapura. Ketua Panitia HUT Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Mimika, Cherly Lumenta mengatakan seluruh persiapan upacara 17 Agustus sudah siap, termasuk menggelar gladi bersih bertempat di halaman Kantor Pusat Pemerintahan Mimika di Kelurahan Karang Senang SP3, Distrik Kuala Kencana.

Cherly mengatakan semua kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam rangka memeriahkan HUT RI di Mimika telah selesai digelar seperti lomba gerak jalan, lomba karnaval berwawasan nusantara yang diikuti pelajar dari sekolah-sekolah dan komunitas ormas serta paguyuban suku-suku. Selain itu juga digelar lomba lari 10 kilometer dan karnaval kendaraan hias. “Kami menilai kegiatan yang digelar itu cukup banyak melibatkan dan menggerakkan masyarakat. Memang ada hal-hal yang perlu dibenahi agar ke depan bisa lebih baik lagi seperti sosialisasi harus dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya agar peserta lebih siap,” ujarnya.

Adapun untuk memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2019, akan digelar sejumlah atraksi di halaman Kantor Pusat Pemerintahan Mimika seperti marching band prajurit Batalyon Infanteri 754 Eme Neme Kangasi/III-Kostrad, dan berbagai pertunjukan lainnya yang dibawakan berbagai komunitas dan paguyuban suku-suku di Mimika.