Oktober 26, 2020

Wabup jayawijaya ajak kembangkan potensi perikanan air tawar

kabarmandala.com — Wakil Bupati Jayawijaya, Provinsi Papua Marthin Yogobi minta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait pro aktif membantu masyarakat dalam pengembangan potensi perikanan air tawar di wilayah itu. Marthin Yogobi di Pisugi Kabupaten Jayawijaya Rabu mengatakan potensi perikanan air tawar di Jayawijaya sangat besar sebab hampir semua distrik bisa dikembangkan ikan air tawar.

“Hampir semua distrik yang ada di Lembah Baliem punya kolam ikan sehingga saya harap menjadi perhatian dinas terkait supaya bisa melihat langsung, agar kalau ada bibit ikan yang perlu kita bantu ya dinas terkait lakukan pengadaan untuk bibit ikan, termasuk pakan,” katanya.

Mantan Kepala Dinas Sosial Jayawijaya itu mengakui banyak kolam ikan milik warga yang belum terjangkau oleh pemerintah secara maksimal. Pejabat Dinas Perikanan Jayawijaya Umbarawati mengatakan pada tahun lalu pihaknya memberikan bantuan bibit ikan jenis mas dan nila kepada 65 pembudi daya ikan yang tersebar di 23 distrik.

Pemerintah Jayawijaya memberikan bantuan bibit nila karena masa pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan ikan mujair. Kabid produksi perikanan di dinas perikanan itu mengaku pihaknya menerima banyak proposal permintaan bantuan bibit dari masyarakat untuk tahun 2020 dan segera disalurkan. “Pada tahun 2020 rencana ada 12 distrik yang akan kita bantu. Tetapi belum disalurkan karena kita baru rencana untuk pengadaan,” katanya.