Oktober 24, 2020

Wagub menjamin 1 Desember di Papua aman

kabarmandala.com — Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengimbau masyarakat untuk tak perlu dikhawatirkan secara berlebihan jelang hari ulang tahun Papua Merdeka, 1 Desember 2019. Wagub menegaskan, Papua pada umumnya aman-aman dan tidak ada masalah.

“Papua damai saja, tidak ada masalah, masyarakat tak perlu terprovokiasi dengan HUT Organisasi Papua Merdeka ( OPM) pada 1 Desember mendatang,” kata Wagub Tinal kepada pers di Jayapura, Jumat malam. Menurutnya, tanggal 1 Desember itu hari biasa, sehingga tidak perlu berpikir aneh-aneh.

“Jadi tak perlu pikir yang aneh-aneh, kenapa harus jadi heboh? Media tolong beritakan yang baik, saya sudah 49 tahun, 1 Desember aman-aman saja, tidak ada masalah,” tandasnya. Wagub Tinal mengimbau kepada warga Papua untuk tidak terpovokasi dan melaksanakan kegiatan seperti biasa.

“Jadi, 1 Desember itu hari Minggu, masyarakat Papua yang beragama Nasrani silakan ke gereja berdoa, apalahi kita akan memasuki Minggu Advent pertama jelang Natal 25 Desember,” ujarnya. Diberitakan sebelumnya, Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw menegaskan tidak akan mentoleransi setiap gerakan yang memiliki potensi pada terjadinya gangguan keamanan.

“Mungkin kalau mereka hanya sekedar mau beribadah ‘monggo’ tapi aksi yang kelewatan pastinya akan kami tindak karena saat ini kami sedang sindroma. Sampai saat ini masyarakat masih kuatir bahwa jangan sampai kejadian-kejadian yang lalu terulang lagi,” ujarnya.

Sementara khusus di wilayah Wamena, Kabupaten Jayawijaya, pihak TNI terus berusaha menditeksi pergerakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). “Sementara di Wamena kita melakukan pendiktesian untuk kelompok-kelompok di sekitar pegunungan tengah, terutama dari Kodap III Ndugama dan Kodap II Muaragame, hanya itu saja yang kemungkinan akan bergerak,” ujar Komandan Kodim 1702/Jayawijaya Letkol Inf. Candra Dianto