Mei 11, 2021

Wagub Papua Minta Freeport Tuntaskan Rapid Test Ke Karyawannya

kabarmandala.com — Satuan Gugus Tugas Pengendalian, Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua mencatat sebanyak 51 dari 87 kasus warga terjangkit wabah virus corona baru (Covid-19) berasal dari Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika yang merupakan area tembaga emas PT Freeport Indonesia, Senin (4/5). Oleh karena itu, Wagub Papua Klemen Tinal mendesak PT Freeport Indonesia segera menuntaskan rapid test kepada seluruh karyawannya. Hal itu disampaikan Klemen dalam pertemuan Bupati dan Walikota se-Papua secara virtual.

Wagub Klemen akan melakukan pertemuan dengan perwakilan PT. Freeport Indonesia, guna membahas hal tersebut pada hari Selasa hari ini (5/5). “Kami meminta penjelasan dari Freeport terkait penanganan kasus Covid-19 bagi karyawan yang berada di kawasan dataran tinggi dan dataran rendah,” ujar Klemen kepada wartawan, Senin (4/5).

Menurutnya, PT Freeport Indonesia harus mengikuti kebijakan daerah setempat dengan melakukan rapid test karyawannya secata tuntas lantaran perusahaan tambang emas itu berada di wilayah Papua guna pencegahan penyebaran dan penularan wabah asal Wuhan Cina tersebut. “Kami meminta agar Freeport untuk segera menuntaskan rapid test untuk mencegah penyebaran virus corona,” tutupnya.