Mei 13, 2021

Wakil ketua DPR Papua : Demi Kemanusiaan PON sebaiknya ditunda Saja

kabarmandala.com — Wakil Ketua 2 DPR Papua, Edoardus Kaize menyatakan bahwa ada baiknya pelaksanaan event PON tahun 2020 di Papua ditunda sementara waktu menyusul kondisi pandemi Covid-19 yang hingga kini cenderung mengalami peningkatan. Politisi PDI Perjuangan ini berpendapat bahwa lebih baik mementingkan nyawa manusia ketimbang menggelar event namun setelah itu banyak jatuh korban. Hal ini disampaikan Edo Kaize usai melihat perkembangan terakhir dari virus Corona yang menurutnya masih jauh dari kata kondusif.

“Jika PON mau ditunda karena virus ini saya pikir tidak masalah. Keselamatan lebih penting ketimbang event. Jangan kita memaksa menggelar event tapi akhirnya ada banyak orang Papua lainnya yang juga jadi korban. Saya berfikir jika berhasil selamatkan Papua maka kita berhasil selamatkan Indonesia karena ada banyak lapisan masyarakat dari berbagai daerah di Papua,” beber Kaize kepada wartawan usai melakukan penyemprotan desinfektan di Perumnas II Waena, Jumat (3/4).

Bahkan kata Kaize jika disuruh memilih antara PON dengan keselamatan orang di Papua maka ia meyakini ada banyak yang lebih mendukung PON ditunda. Apalagi saat ini pemerintah penerapkan kebijakan social distancing sehingga kalau dipaksakan maka akan menyalahi kebijakan tersebut. “Pemilu saja ditunda sehingga kami pikir sebaiknya PON juga ditunda. Mending fokus selesaikan Corona dulu dan setelah semua aman barulah silahkan memikirkan PON karena ini bicara kehidupan banyak orang,” pungkasnya.