Home / Artikel / Warga di Nduga Papua Diminta Pulang dari Pengungsian untuk Persiapan Natal

Warga di Nduga Papua Diminta Pulang dari Pengungsian untuk Persiapan Natal

kabarmandala.com — Kepala kampung di Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga, Papua, meminta sejumlah warga yang sebelumnya mengungsi wilayah kota, dapat kembali ke rumah masing-masing dan merayakan Natal bersama kerabat dan warga sekitar. Situasi di wilayah itu dinilai sudah kembali kondusif.

“Sebelum Natal, kita harus buat persiapan-persiapan terlebih dahulu, sehingga warga saya minta kembali ke Kampung Alguru,” kata kepala kampung, Vitalis Nimie, Kamis (5/12/2019). Menurut dia, warga mengungsi sejak akhir November. Mereka takut kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali menganggu keamanan warga dan membuat ulah di kampung mereka seperti tahun lalu.

Karena itu, warga pun jauh-jauh hari sudah mengungsi ke area perkotaan dan distrik-distrik lain di Kabupaten Nduga. Vitalis juga berharap masyarakat tidak mudah terprovokasi isu yang beredar dan berbau hoaks. “Jangan percaya dengan ucapan atau ajakan oknum yang justru akan merugikan diri sendiri dan membuat sulit orang lain. Fokus warga saat ini yakni persiapan jelang perayaan Natal,” katanya.

Dia meminta warga percaya ke aparat penegak hukum terkait keamanan dan ketertiban masyarakat. Selain itu, kata dia, anggota Polri juga telah memberikan bantuan serta sosialisasi pertanian ke masyarakat. “Tidak usah takut, karena ada aparat yang selalu melindungi warga,” ujar Vitalis.

Check Also

Personel Satgas Pamtas Tingkatkan Pembinaan Agama Warga Perbatasan RI-PNG

kabarmandala.com — Semenjak kedatangan personel Yonif 516/CY yang, ditempatkan di lokasi tersebut. Suasana Kemanunggalan antara …