Januari 17, 2021

Warga kampung Asmat akan di periksa menggunakan Rapid tes

kabarmandala.com — Pemeriksaan massal menggunakan ‘rapid test’ terhadap warga yang memiliki kontak erat dengan pasien positif Covid-19 akan dilanjutkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Mimika, Papua, Reynold Ubra di Timika, Minggu (26/4/2020), mengatakan pemeriksaan massal menggunakan ‘rapid test’ juga akan dilakukan terhadap sejumlah warga Kampung Asmat di Jalan Tipuka dan kawasan inkubator Hiripau, Distrik Mimika Timur oleh Tim Penyelidikan Epidemologi Dinkes Mimika bekerjasama dengan Tim Puskesmas Mapurujaya.

Sebelumnya diberitakan, pasien 03 (sudah meninggal dunia) yang dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 31 Maret lalu telah menyebabkan puluhan orang terkontaminasi dan tercatat sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Tanpa Gejala (OTG) serta Orang Dalam Pantauan (OPD).

Juru Bicara Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Mimika, Reynold Ubra melalui sambungan teleconference, Kamis (2/4/2020) malam mengatakan bahwa tim telah melakukan contact traching dan menemukan sebanyak 36 orang PDP pernah kontak erat dengan pasien positif 03.

Sebanyak 36 orang tersebut tersebar dari Mapurujaya dan di dalam Kota Timika. Lingkup kontak langsung yang terjadi mulai dari dalam keluarga pasien positif terkait dan menyebabkan empat orang PDP. Di klinik pertama yang dikunjungi pasien positif 03 pada tanggal 22 Maret lalu, ditemukan sebanyak lima orang PDP dan enam OTG. Di klinik yang dikunjungi pasien positif 03 pada tanggal 25 Maret lalu ada sebanyak empat PDP dan tiga OTG. Sedangkan di rumah penduduk di Mapurjaya ada dua orang yang melakukan kontak erat dengan pasien positif 03 dan menjadi PDP, dua OTG serta dua ODP.

Pasien 03 inisial DL yang bekerja sebagai petugas keamanan internal di PT Freeport Indonesia itu meninggal dunia pada Jumat (3/4/2020) malam di Rumah Sakit Tembagapura setelah menjalani perawatan sekitar sepekan. Jenazah DL pada Sabtu siang dimakamkan di lokasi pemakaman Iwaka, Distrik Kuala Kencana, Timika.

Pasien 03, 02 memiliki hubungan dengan kegiatan di Lembang.  Mereka ini pernah kontak erat dengan salah satu peserta yang hadir kegiatan di Lembang yang telah meninggal dunia pada peetengahan Naret 2020.