Januari 18, 2021

Warga Korban Rusuh Wamena Dibangunkan Hunian Sementara

kabarmandala.com — Percepatan pemulihan Kota Wamena terus dilakukan. Dalam waktu dekat, Pemerintah Provinsi Papua akan membangun hunian sementara bagi warga korban rusuh Wamena yang rumahnya ikut dibakar atau dirusak perusuh anarkis yang terjadi Senin ,23 Oktober 2019.

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw menyebutkan pemulihan yang dilakukan oleh Pemprov Papua ini dibicarakan pada rapat Forkompinda yang dilakukan pada Jumat malam, 4 Oktober 2019 bersama dengan Gubernur Papua serta jajaran forkompinda.

“Pemulihan dengan langkah cepat Wamena digagas oleh Gubernur Papua, salah satunya adalah membuat bangunan sederhana dari bahan kayu seperti di Tolikara, bagi warga yang kehilangan tempat tinggal dan tempat usahanya,” kata Paulus, usai menghadiri Upacara HUT TNI ke 74 di Makodam Cenderawasih, Sabtu 5 Oktober 2019.

Lanjut Paulus, saat ini Kota Wamena sudah pulih dan aman terkendali. Komunikasi cepat dilakukan semua pihak. “Termasuk gerak cepat pemerintah, sebelum membuat bangunan permanen akan dibuat bangunan sementara terlebih dahulu bagi warga korban rusuh di Wamena,” jelasnya.

Dirinya pun mengajak warga yang masih mengungsi di luar Wamena, seperti Jayapura, Timika dan kota lainnya untuk kembali pulang ke Wamena yang saat ini dalam keadaan aman. Paulus menyebutkan saat ini pihaknya juga terus melakukan pengejaran kepada pelaku penyebaran hoaks yang membuat rusuh pada sejumlah tempat di Papua.

“Kami bersinergi dengan tim cyber Mabes Polri dan semua pihak untuk mengejar pelaku hoaks ini. Silahkan, siapapun pun bisa berikan input sekecil apapun dan akan kami tangani. Jika mendapatkan berita ancaman, bahwa akan ada penyerangan atau hal lainnya, itu bohong, karena kami ada bersama warga,” katanya.