April 12, 2021

Warga Nolokla Sentani Bangun Ruang Kelas dengan Dana yang ada di Kampung

kabarmandala.com — Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw meresmikan ruang kelas SD Inpres Harapan di Kampung Nolokla, pada Rabu 8 Januari 2020. Dalam sambutannya Bupati Kabupaten Jayapura mengapresiasi kepada pemerintah Kampung Nolokla dan masyarakat yang telah memiliki inisiatif untuk membangun ruang kelas pada SD tersebut dengan menggunakan dana kampung.

“Atas nama pemerintah, saya ucapkan banyak terima kasih atas inisiatif ini. Apa yang telah dilakukan oleh warga Kampung Nolokla adalah tujuan utama dari pemerintah Kabupaten Jayapura yang saat ini sedang mempersiapkan program distrik sebagai pusat pelayanan publik data informasi dan pelatihan,” ujar Bupati. Bupati berharap nantinya pada setiap sekolah akan mulai mengelola dana sendiri, karena segala sesuatu akan dapat diselesaikan langsung di kantor distrik.

“Saat ini, Distrik Sentani Timur menjadi salah satu distrik yang menjadi percontohan akan program ini,” kata Mathius. Saat ini, Dinas Pendidikan dan dinas terkait telah menyiapkan segala sesuatu untuk pendidikan di setiap kampung yang dimulai dari PAUD, SD hingga SMA, agar semua hal harus diselesaikan di distrik.

Bupati Jayapura menambahkan dengan adanya inisiatif positif seperti yang dilakukan pemerintah Kampung Nolokla, maka dapat menginspirasi pemerintah kampung lainnya untuk dapat lebih memperhatikan bidang pendidikan. Mathius Awoitauw berharap kepada kepala sekolah dan guru-guru pengajar, agar dapat lebih kreatif dalam membina anak-anak didik di SD Inpres Harapan, sehingga dapat melahirkan SDM yang unggul untuk membangun Kabupaten Jayapura.