Home / Artikel / Wilayah Teritorial Kodim 1805/Raja Ampat telah masuk prajurit dari kodam lain sebagai aparat teritorial

Wilayah Teritorial Kodim 1805/Raja Ampat telah masuk prajurit dari kodam lain sebagai aparat teritorial

kabarmandala.com — Markas besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Mabes TNI AD) melalui Komando daerah militer (Kodam) XVIII/Kasuari mengirim pasukan guna pembentukan Koramil, di sejumlah daerah teritorial Komando distrik militer (Kodim) 1805, di kabupaten Raja Ampat.

Informasi yang dihimpun media ini, sebanyak 40 (empat puluh) personil BKO Satuan tugas (Satgas) Operasi Terpadu (Ops Ter) TNI AD, dari Sorong menggunakan transportasi laut, Kapal KM. Lema. Tiba, di pelabuhan 300 (tiga ratus), Jalan trans Waisai Warsambin, Kelurahan Bonkawir, Distrik (Kecamatan) Kota Waisai, Raja Ampat, Papua Barat, Sabtu (15/2/2020) sekitar pukul 12:20 waktu setempat.

Puluhan Satgas Ops terpadu dipimpin Kapten Cpl Horas Harianja, dan dijemput langsung, Dandim 1805/Raja Ampat Letkol Infantri Josef Paulus Kaiba melalui Kasdim, Mayor Infantri Yuli Agus Padang,didampingi Danramil 03-Kabare/1805-Raja Ampat, Lettu Infantri Beni Howai, Danunit Intel Kodim 1805/Raja Ampat, Letda Infantri Ruslan.

Sebelum bertugas, 40 anggota tersebut mendapat arahan dari Dandim 1805/Raja Ampat, Letkol Infantri Josef Paulus Kaiba melalui Kasdim, Mayor Infantri Yuli Agus Padang. Dalam arahannya mengatakan, bahwa personil yang ada akan dibagi pada tiga Koramil, yaitu Koramil Ayau, Koramil Urbinasopen, Koramil Salio.

Ia menekankan, dalam pelaksanaan tugas agar seluruh anggota selalu menjaga keamanan dan nama baik satuan. “Jangan melakukan kesalahan, karena sekarang kalian sedang dalam medan, seperti yang kalian lihat sekarang banyak Warga atau masyarakat disekitar kita, jadi berikanlah yang terbaik untuk wilayah di masing-masing kampung,” ungkap Kasdim.

Sementara itu, untuk jumlah anggota BKO Satgas OPS terpadu yang tergabung dalam Kodim 1805/Raja Ampat sebanyak 87 (delapan puluh tujuh) personil dengan pembagian yakni, untuk 40 orang anggota Satgas terpadu yang telah tiba di Kota Waisai akan dibagi dalam 3 Koramil Persiapan Kodim 1805/Raja Ampat yaitu, 2 (dua) anggota BP ditempatkan di Makodim 1805/Raja Ampat, dan untuk Koramil Persiapan Bianci, Kampung Saleo, Distrik Waigeo Barat, Raja Ampat untuk sementara diisi 12 (dua belas) personil yang dipimpin Kapten Cpl Horas Harianja.

Kemudian untuk Koramil Persiapan Distrik Urbinasopen Sebanyak 13 (tiga belas) anggota di komandoi Letda Czi Yesayanwar. Selanjutnya di Koramil Persiapan Distrik Ayau ditempatkan 13 (tiga belas) anggota dipimpin Letda Arh Deyas Armiwan.

Untuk pergeseran pasukan 47 (empat puluh tujuh anggota Satgas Koramil Persiapan Kodim 1805/Raja Ampat lainnya akan diberangkatkan melalui pelabuhan Rakyat Kota Sorong, dengan menggunakan Kapal KM Sabuk Nusantara, Sabtu (15/2/2020) pukul 17.00 WIT.

BKO Satgas Ops untuk Koramil persiapan akan ditempatkan, di Distrik Kofiau sebanyak 12 (dua belas) orang anggota dipimpin Lettu Infantri Dedi Maryadi, dan untuk Koramil persiapan Pulau GAG sebanyak 11 (sebelas) anggota dipimpin Kapten Arn Amat Haryono. Tidak ketinggalan Koramil Persiapan Misool Timur sebanyak 12 (dua bela) anggota dipimpin Letda Arm Putra Ari, bersamaan Koramil Persiapan Distrik Batanta sebanyak 12 anggota,dipimpin Letda Inf M. Domi K, S.TR. Han.

Diketahui tujuan kedatangan anggota Satgas Ops Terpadu Koramil Persiapan Kodim 1805/Raja Ampat dalam rangka untuk membantu pelaksanaan tugas kewilayahan atau pembinaan teritorial Kodim 1805 di kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Dengan itu,diharapkan keberadaan Satgas OPS Terpadu di wilayah persiapan Koramil akan terjalin kerjasama dengan seluruh Tokoh Agama, Adat, Masyarakat dan seluruh elemen masyarakat lainnya untuk bersama-sama dalam mengembangkan potensi sumberdaya manusia (SDM) disemua sektor, diantaranya pendidikan, kesehatan dan pembangunan infrastuktur kampung (Desa). Harapannya, kampung tersebut bisa mengalami kemajuan dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Check Also

TNI semprot pasar di Manokwari dengan cairan disinfektan

kabarmandala.com — Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyemprotkan cairan disinfektan di dua pasar tradisional dalam …