Juni 19, 2021

Hasil Rapid Test Massal Pedagang Sayur di Kota Jayapura ditemukan 5 Orang Positif Covid-19

kabarmandala.com — Lima orang pedagang sayur di Kota Jayapura diketahui positif Covid-19. Hasil ini terkonfirmasi dari rapid test massal yang dilakukan Kamis 30 April 2020 di Lapangan upacara Kantor Wali Kota Jayapura. Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dokter Ni Nyoman Sri Antari menuturkan dari 450 orang pedagang sayur, terkonfirmasi 5 positif Covid-19.

Dari 5 orang pedagang sayur, sebanyak 3 orang diantaranya berada di belakang Pasar Youtefa, 1 orang di Hamadi dan 1 orang di APO Gunung. “Ke-5 orang ini langsung menjalani isolasi mandiri selama 14 hari dan akan diambil swab-nya untuk tes PCR,” jelas dokter Nyoman, Kamis malam, 30 April 2020.

Kata Nyoman, rapid test massal esok hari akan dilanjutkan dengan pedagang ikan keliling yang berjumlah sekitar 250-an orang. “Jika rapid test mencukupi, kami akan melanjutkan pada hari Senin minggu depan dengan tukang ojek dan mama-mama di pasar,” ujarnya. Ketua Satgas Covid-19 Kota Jayapura, Rustan Saru menuturkan bagi tukang sayur keliling yang dinyatakan negatif Covid-19 dan telah menjalani rapis test, akan diberikan stiker resmi dari Pemkot Jayapura.

“Stiker ini menandakan pedagang itu telah menjalani test Covid-19 dan dinyatakan negatif. Hal ini juga untuk memberikan rasa aman kepada warga Kota Jayapura saat menggunakan jasa tukang sayur keliling,” katanya. Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N. Awi menyebutkan rapid test hari ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus lewat pedagang sayur keliling atau pedagang lainnya

“Rapid test juga bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi warga Kota Jayapura yang menggunakan jasa tukang sayur keliling atau pedagang lainnya,” jelasnya.