Juli 26, 2021

Lapak Noken khusus mama mama Papu akan dibangun oleh disperindag Mimika

kabarmandala.com — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Kabupaten Mimika menjawab permintaan beberapa Lurah yang meminta pembangunan lapak khusus untuk mama-mama Papua penjual noken yang stategis di Pasar Sentral.

Pembangunan lapak tersebut sudah mulai dilakukan dengan menggunakan dana APBD Perubahan dan dipastikan akan selesai akhir tahun ini. Modelnya pun disesuaikan dengan kebutuhan mama-mama Papua yakni berada diantara gedung A dan B Pasar Sentral yang sangat mudah dijangkau oleh pembeli.

Lapak tersebut juga berdasarkan surat permintaan dari pihak kelurahan untuk membuatkan lapak untuk mama mama Papua yang menjual Noken diseputaran jalan Budi Utomo (Sepanjang jalan Samping Eme Neme Yauware – depan Lapangan Timika Indah).

“Karena kemarin semua disatukan masuk ke Pasar Sentral akhirnya mau tidak mau kita harus menjawab untuk membangun lapak khusus untuk mereka. Tapi Dinas Koperasi katanya mau bangun galeri jadi nanti kalau mereka merasa kurang nyaman di pasar, mereka bisa masuk galeri, yang nantinya disiapkan Diskop” kata Sekretaris Disperindag, Inosensius Yoga Pribadi, Selasa (12/11).

Ia menjelaskan bahwa Disperindag terus berupaya melakukan yang terbaik untuk penataan pasar dan pedagang dengan tujuan agar pedagang bisa merasa nyaman dan pasar tertata dengan baik, terlihat rapi dan bersih. Pasar lanjut Yoga merupakan salah satu program yang harus dikerjakan sebelum akhir tahun 2019 sesuai waktu yang diberikan Bupati Eltinus Omaleng.

“Mengenai lapak noken juga akan diselesaikan di tahun ini. Kami akan buat yang terbaik sehingga nanti noken – noken yang dijual bisa ditata dengan baik, tidak perlu lagi diletakan di bawah tanah. Akan ada rak-rak serta gantungan untuk menggantung noken sehingga lebih bagus,” katanya.