Juni 24, 2021

Pertemuan Presiden dan Bupati Omaleng bahas target 2021 Provinsi Papua Tengah terbentuk

kabarmandala.com — Bupati Mimika, Eltinus Omaleng menargetkan pada tahun 2021 atau 2022, Provinsi Papua Tengah sudah terbentuk dan beberapa distrik dimekarkan menjadi kabupaten dan kota madya. “Sebenarnya SK pemekaran Papua Tengah sudah ada sejak lama dan undang- undang juga sudah terbentuk. Kita hanya minta aktifkan saja karena kita sudah punya SK. Saya beberapa waktu lalu sudah bertemu dengan Presiden Jokowi di Jayapura, saya sudah sampaikan kepada Bapak Presiden untuk mengaktifkan Papua Tengah,” ujar Bupati Omaleng, Selasa (10/9).

Untuk dapat segera terlaksana, Bupati Omaleng menuturkan akan dibentuk tim yang baru dan yang langsung di SK kan oleh Bupati. Tim tersebut menurut Bupati Omaleng bukan dari masyarakat namun diambil langsung dari pemerintah. Dikatakan, setelah adanya APBD induk tahun 2020, tim akan mulai dibentuk, tim itu untuk pembentukan pemekaran Provinsi Papua Tengah, Kabupaten Mimika Barat, Kabupaten Mimika Timur dan Kota Madya Timika.

“Kita target hingga pada tahun 2021- 2022 semua sudah harus fix. Kalau pemekaran itu terealisasi pada tahun 2021, maka cartaker akan segera ditetapkan untuk memfasilitasi pemilihan Gubernur dan DPRP defenitif,” ujarnya. Bupati Omaleng menambahkan, adanya pembangunan infastruktur saat ini, selain untuk mendukung PON pada tahun 2020, juga sebagai persiapan diri menjadi ibukota Provinsi Papua Tengah.