Juli 26, 2021

Tokoh Papua: Terimakasih Pak Jokowi, Kabinet Jilid II Tak Ada Keterwakilan Orang Asli Papua

kabarmandala.com —┬áPresiden Joko Widodo telah mengumumkan nama-nama Menteri yang akan membantunya di Kebinet Kerja Jilid II periode 2019-2024. Hal itu berlangsung di Istana Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019) pagi.┬áTokoh Papua, Christ Wamea tampaknya merasa kecewa dengan susunan kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Sebab, menurutnya di antara nama-nama menteri yang tel;ah diumumkan tak ada satu pun orang asli Papua.

Ia pun mengungkit kontribusi masyarakat Papua terhadap kemenangan pasangan Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019 lalu.

“Terima kasih bpk presiden @jokowi pada kabinet jilid II bpk ini tidak ada keterwakilan dari Orang Asli Papua. Suara yg kami persembah utk bpk pada pilpres 2019 di prov. Papua 90,66% suara dan papua barat 79, 89% suara,” tulis Christ di twitter. Terima kasih bpk presiden @jokowi pada kabinet jilid II bpk ini tidak ada keterwakilan dari Orang Asli Papua. Suara yg kami persembah utk bpk pada pilpres 2019 di prov. Papua 90,66% suara dan papua barat 79, 89% suara.

Bahlil Lahadalia yang selama ini disebut-sebut sebagai orang Papua dan sekarang ditunjuk sebagai Menteri Investasi & BKPM, ternyata buka orang asli Papua. Christ menjelaskan, Bahlil adalah pemuda kelahiran Banda, Maluku Tengah dan tinggal di Fakfak, Papua Barat.

“BAHLIL LAHADALIA, Lahir di Banda, Maluku Tengah, 7 Agustus 1976. Nama ayah : Alm. LAHADALIA. Nana Ibu : H. NURJANI. Suku BUTON. Tinggal di Kebun Kapas kompleks orang buton yang berdomisili di Fakfak. Dengan demikian secara tatanan adat dari 250 suku OAP yang bersangkutan bukan Orang Asli Papua,” kata Christ.